Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2011 @ majalahbuser.com
Welcome to Our Website   www.majalahbuser.com
Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2012 @ majalahbuser.com
Pekanbaru - Wakil Presiden Boediono secara resmi menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Stadion Utama Pekanbaru, Kamis (20/9).

Berakhirnya pesta empat tahunan yang dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 September lalu itu ditandai dengan matinya secara perlahan api kualdron yang dinyalakan oleh legenda olahraga Riau Zarmi Bachtiar.
Jum'at, 21 September 2012

Sampai Jumpa di PON XIX Jawa Barat 2016
Wapres Secara Resmi Tutup PON Riau 2012
Boediono dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh segenap panitia PON atas suksesnya pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut. "Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada segenap masyarakat Riau atas keramah tamahan dan sudah antusias memberikan dukungan saat menyaksikan pertandingan," kata Boediono yang didampingi Gubernur Riau Rusli Zainal dan Menpora Andi Mallarangeng.

Boediono secara khusus juga menyampaikan selamat kepada kontingen DKI Jakarta yang berhasil merebut kembali gelar juara umum. "Kepada kontingen yang belum meraih medali, jangan patah semangat dan teruslah berlatih," katanya.

Kontingen Sulawesi Barat adalah satu-satunya dari total 33 daerah yang gagal merebut satu medali pun.

DKI Jakarta berhasil mewujudkan tekad mereka untuk merebut kembali gelar juara umum yang lepas di PON 2008 Kaltim dengan meraup 109 emas, 101 perak dan 112 perunggu, disusul Jawa Barat dengan (99-79-101) dan Jawa Timur (86-86-84).

Sementara tuan rumah Riau menempati peringkat keenam dengan peroleiah 43 emas, 39 perak dan 51 perunggu.

Meski minim pemecahan rekor nasional, PON 2012 setidaknya mampu memecahkan satu rekor Asia dan satu rekor SEA Games.

Lifter putri Lilis Idaningsih dari Jabar berhasil memecahkan rekor Asia untuk nomor angkat berat di kelas 84kg dengan total angkatan 637kg, mengalahkan rekor Asia sebelumnya yang dipegang oleh lifter China, Chang Yawen dengan total angkatan 625 kilogram.

Sementara rekor SEA Games dipecahkan oleh pelari Eddy Zakaria dari Jatim di nomor lari 110m gawang dengan waktu 13,7 detik, mengungguli pelari Thailand Jamras Rittidet.

Budaya Suku Pedalaman Upacara penutupan dimeriahkan oleh pergelaran seni dari dua suku pedalalaman di Bumi Lancang Kuning, yaitu Suku Sakai dan Talang Mamak.

Suku Sakai adalah warga pedalaman Riau yang umumnya mendiami belantara Minas, Siak dan Bengkalis.

Atraksi budaya Suku Sakai dan Talang Mamak oleh para budayawan Riau diangkat dengan tajuk "Dalam Kasih Sayang Air III".

Adalah Alazhar, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau yang dipercaya sebagai pengarah program budaya tersebut.

Salah satu seni tradisional tersebut aksi para penari Olang-olang. Olang-olang adalah tarian bermantra magis masyarakat Sakai. Olang-olang merupakan "dikei"atau tarian pengobatan Suku Sakai.

Saat menari Olang-olang, penari akan kerasukan roh soli, roh leluhur penari. Tari olang-olang biasanya dilakukan oleh "bomo", dukun suku Sakai yang dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit yang diderita manusia Menurut kepercayaan suku Sakai, soli dulunya juga seorang bomo dan setelah meninggal rohnya terus menjaga para bomo keturunannya untuk memberi petunjuk dalam penyembuhan.

Tarian Olang-olang mengambil gerakan dasar kepak burung elang. Saat menari, tubuh bomo akan berputar dan mengepak-ngepak anggun mengikuti hentakan irama "bebano" dan "tetawak" sembari merapal mantra magis.

Penulis skenario pagelaran, Taufik Ikram Jamil juga mengatakan pengusungan tradisi suku Sakai dan Talang Mamak, pada upacara penutupan PON, merupakan budi bagi keberadaan suku-suku pertama di Riau, yang selama ini menjadi pagar hidup bagi kelestarian belantara di Riau, yang kian hari kian terancam.

Berbeda dengan pertunjukan pesta pembukaan yang lebih memperkenalkan budaya melayu, pesta tersebut lebih mengutamakan pesta hiburan tak lupa pertunjukan laser dan kembang api juga akan menghiasi malam penutupan PON.

Penyanyi-penyanyi papan atas pun akan turut memeriahkan acara adalah band rok T.R.I.A.D asuhan Ahmad Dhani, penyanyi solo Ari Lasso, Cici Faramida, penyanyi cilik Lana Niti Baskara, serta Ruth Sahanaya dan Titi DJ yang tergabung dalam duo TRUTH.

Pesta olahraga empat tahun mendatang akan digelar di Jawa Barat pada 2016 dan menurut rencana akan mempertandingkan 43 cabang olahraga, lebih banyak dari PON 2102 Riau dengan 39 cabang olahraga. [EL, Ant]
Upacara penutupan (Closing Ceremony) PON XVIII, 2012 tak kalah spektakuler jika dalam pembukaan (Opening Ceremony)

      Berita Nasional :

      Berita Daerah  :