Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 – 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2011 @ majalahbuser.com
Welcome to Our Website   www.majalahbuser.com
Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp. 081 234 700 500 - Email : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2019 @ majalahbuser.com
Kediri - majalahbuser.com, Pemerintah memastikan pembangunan Bandar udara (Bandara) Kediri akan dimulai pada 16 April 2020. Warga yang masih menolak pembebasan lahan diminta menyepakati harga ganti untung sebelum digusur paksa.

Kepastian ground breaking pada 16 April disampaikan Mayor Infanteri Bagja Sirait, staf Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi pada pertemuan dengan warga terdampak dan Forkopimda Kabupaten Kediri di SKG Grogol, Jumat (24/1/2020).

“Pemerintah akan memulai ground breaking bandara tanggal 16 April 2020, atas kesepakatan Menteri ATR BPN (Administrasi Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional), Menteri Perhubungan, dan Menko Kemaritiman,” kata Bagja Sirait.

Bagja Sirait menjelaskan saat ini proses pembebasan lahan sudah mencapai 98,44 persen dari luas proyek 376,57 hektare. Sedangkan sisanya yang tersebar di Desa Tarokan, Bulusari, dan Grogol masih dalam tahap negosiasi. Terdiri dari 3,32 hektare lahan kosong dan 2,56 hektare lahan bangunan.

Dalam sosialisasi di depan warga yang terkena dampak pembangunan bandara, Bagja Sirait meminta kepada masyarakat yang masih bertahan untuk menerima harga ganti untung yang diberikan pemerintah.

Dari hasil apprasial (perkiraan) oleh lembaga independen yang ditunjuk pemerintah, ditetapkan nilai tertinggi untuk lahan pekarangan yang ada rumahnya sebesar Rp 750 ribu per meter persegi, dan tanah tegal atau sawah senilai Rp 500 per meter persegi.

“Tidak ada lagi kenaikan harga atau tawar menawar dari pemerintah. Dan tidak ada fee untuk makelar atau petugas pemerintah lima persen, kecuali pajak penjualan sebesar 2,5 persen,” ujar Bagja.

Diungkapkan, Bandara Kediri dibangun untuk membangun Jawa Timur bagian selatan. Selain itu juga akan difungsikan untuk bandara keberangkatan umroh dan naik haji. "Pembangunan bandara akan memberikan multi player efek," jelasnya.

Jika warga tetap menolak melepas lahan mereka untuk proyek ini, maka pemerintah akan mengambil jalan konsinyasi yang diatur dalam undang undang.

Konsinyasi adalah mekanisme penitipan uang ganti untung kepada pengadilan negeri setempat, yang bisa diambil warga terdampak sewaktu-waktu. Di saat bersamaan pemerintah melalui aparat keamanan akan melakukan pengosongan lahan pada akhir Januari 2020.

Tak sekedar memberikan ganti untung, pemerintah bersama PT Surya Dhaha Investama selaku pelaksana proyek telah menyediakan lahan khusus untuk dibeli warga yang kurang mampu, dan menjadi obyek pembebasan.

Lokasinya juga berada tak jauh dari tempat asal mereka, di Desa Grogol dengan sebutan Desa Tanjung Baru. Tempat ini juga telah dilengkapi fasilitas umum seperti jalan, drainase, sumur, dan penyambungan listrik ke rumah.

Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri Putut Tri Sunarko meminta kepada warga untuk menerima mekanisme ganti untung yang ditawarkan pemerintah. Meski siap melaksanakan konsinyasi, dia berharap hal itu tidak akan ditempuh oleh warga.

“Konsinyasi ini akan memberikan harga di bawah appraisial dan tidak menghalangi proses pengosongan lahan,” jelasnya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dede Sujana menjelaskan, rencana dimulainya konsinyasi pembebasan lahan pada awal Februari. Namun diharapkan pada waktu yang masih tersisa, pemilik lahan dapat memproses penggantian lahan dengan PT SDI sampai akhir Januari.

Sedangkan lokasi relokasi di Tanjung Baru diprioritaskan bagi warga tidak mampu. Pelaksanaannya dilakukan setelah persyaratannya memenuhi syarat. (Kominfo/Adv)
Jumat, 24 Januari 2020

Pemerintah Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Dimulai 16 April 2020
Suasana pertemuan pembebasan lahan pembangunan
bandara Kediri di aula SKB Kecamatan Grogol
Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat. (24/1/2020)
      Berita Nasional :

       Berita Daerah