Welcome to Our Website   www.majalahbuser.com
copyright @ 2011 - 2018 majalahbuser.com
Tulungagung - majalahbuser.com,  Pemkab Tulungagung melaluhi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa 2019 Cluster 1 Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan di GOR Desa Ngunut Kecamatan Ngunut yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Pemukulan Gong oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menandai acara Bursa Inovasi Desa Klaster I Tulungagung dimulai. Pembukaan acara tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna desa Ngunut Kec. Ngunut, Tulungagung, Minggu, 1/9

Tampak hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Drs. Eko Asistono M.Si. selain itu juga dihadiri oleh Kepala OPD terkait, Camat Rejotangan, Camat Ngunut, Camat Sumbergempol, Camat Boyolangu, serta Camat Pucanglaban.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya yang sekaligus membuka bursa inovasi dan menyampaikan, bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan menambah wawasan dan pengetahuan yang bisa diterapkan di masing-masing desa serta tetap mematuhi peraturan yang ada dalam penggunaan dana desa, alokasi dana desa dan lebih memperhatikan serta peka terhadap keadaan masyarakatnya di desanya.

Sementara itu, Ketua pelaksana acara, Hasanuddin mengatakan, bahwa maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan pilihan solusi penggunaan Dana Desa yang lebih efektif dan inovatif serta terbangun dukungan dan kerjasama dari pemangku kepentingan dalam pelaksanaan program Inovasi Desa.

Masih menurut  Hasanuddin, Bursa Inovasi Desa ini dilaksanakan juga untuk membantu desa dalam meningkatkan kwalitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

Selain itu, Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk memperkenalkan inovasi oleh masyarakat yang berkembang di Desa guna mendukung peningkatan kualitas pembangunan desa, serta menjaring komitmen Pemerintah Desa untuk mengadopsi atau mereplikasikan inisiatif atau inovasi yang diperoleh dalam bursa inovasi desa kedalam Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKP Desa dan APB Desa) di tahun anggaran 2020.

Peserta Bursa Inovasi Desa Cluster 1 Kabupaten Tulungagung di GOR Serbaguna Desa Ngunut Kec Ngunut sebanyak 5 Tim Pelaksana Inovasi Desa yang terdiri dari TPID Kecamatan Pucanglaban, TPID Kecamatan Rejotangan, TPID Kecamatan Ngunut, TPID Kecamatan Sumbergempol dan TPID Kecamatan Boyolangu.

Adapun menu bursa di Cluster 1 pada kesempatan hari ini terdiri dari Bidang Infrastruktur sejumlah 15 Kegiatan,  Bidang Kewirausahaan/ekonomi sejumlah 15 kegiatan, Bidang Sumber daya Manusia Sejumlah 15 kegiatan, Serta menu bursa dari nasional sejumlah 13 kegiatan. (unt/adv)
Minggu, 1 September 2019

Bupati Tulungagung Buka Bursa Inovasi Desa 2019
      Berita Nasional :

       Berita Daerah