Foto: kegiatan pelatihan UKS untuk para kader UKS SMA/SMK/MA di ruang Joyoboyo Kantor Pemkab Kediri, Senin (19/8/2024). (dok. Pemkab Kediri)

Kediri – majalahbuser.com, Sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan di sekolah, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mengadakan kegiatan pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk para kader UKS SMA/SMK/MA bertempat di ruang Joyoboyo Kantor Pemkab Kediri, Senin (19/8/2024).

Kegiatan pelatihan UKS ini dibagi tiga kelas untuk setiap kelas diikuti oleh peserta sebanyak 60 siswa selama dua hari. Kenapa kita bagi menjadi 3 kelas, menurut Kepala Bagian Kesra Sumarlan, agar dalam satu kelas tidak terlalu banyak dan para peserta bisa fokus menerima materi.

Sedangkan untuk pemateri, lanjut Sumarlan, kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kediri dan dari bagian kesra sendiri.

“Tujuan kita mengadakan pelatihan pada hari ini adalah membekali para kader UKS di tingkat SMA sederajat untuk bisa memahami apa itu fungsi dan peran dari UKS di masing-masing sekolah,” terangnya.

Sumarlan berharap Setelah mengikuti pelatihan ini kader-kader yang telah mendapat tambahan ilmu dan wawasan bisa ditularkan kepada teman-teman sesama kader UKS.

“Sehingga kedepan peran UKS bisa maksimal untuk menciptakan upaya hidup sehat dan bersih dimulai dari lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Terakhir, saya berpesan kepada para kader UKS untuk dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, sehingga tercipta Kader-kader UKS yang berkualitas.

“Dari hal ini kita inginkan petugas UKS tingkat SMA/SMK/MA di Kabupaten Kediri memiliki kualitas handal sebagai petugas UKS di sekolah masing-masing,” pungkasnya.

Nabila Nuraini, peserta dari SMAN 1 Pare mengatakan, siap menerima setiap materi yang akan diberikan, karena kegiatan ini positif untuk dapat menambah ilmu dan wawasan kita sebagai kader UKS. (adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami | Pedoman Media Ciber | Disclaimer