Foto: Wabup Kediri Dewi Mariya Ulfa, Dandim 0809 dan Ketua DPP LVRI Provinsi pada Peringatan Harvetnas ke-67. (dok Pemkab Kediri).

Kediri – majalahbuser.com, Kabupaten Kediri menjadi tuan rumah pada peringatan HUT Hari Veteran Nasional (Harvetnas) tahun 2024 se-Jawa Timur. Berlangsung cukup meriah yang diawali dengan kirab menggunakan mobil jeep mengelilingi area Balai Pengembangan Kompetensi (BPK) ASN Desa Bulusari Kecamatan Tarokan, Sabtu (10/8/2024).

Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa bersama Dandim 0809 serta Ketua DPP LVRI Provinsi Jawa Timur berada dalam satu mobil yang dihias dengan bendera merah putih. Sambil mengenang zaman perjuangan, mobil berjalan beriringan dan berjajar rapi bak pasukan yang akan turun di medan pertempuran.

Setelah pelaksanaan kirab, seluruh rombongan memasuki aula BPK ASN untuk melaksanakan kegiatan resepsi acara. Dalam sambutannya Mbak Dewi mengucapkan selamat HUT Hari Veteran Nasional Tahun 2024. Tidak terhitung jasa-jasa ‘panjenengan’ semua bagi bangsa ini sejak zaman perjuangan hingga saat ini.

“Panjenengan semua adalah pejuang tanggung yang tidak henti berjuang untuk pembangunan karakter bangsa salah satunya pembangunan di Kabupaten Kediri,” terangnya.

Lanjut Mbak Dewi, Peringatan Harvetnas tahun 2024 ini mengusung tema “Veteran Republik Indonesia Bersama Pemerintah Siap Melanjutkan Pembangunan Indonesia Menuju Indonesia Emas”, dimana nilai-nilai kepahlawanan tidak hanya berbicara tentang semangat juang, kerja keras dan pantang menyerah, tetapi bagaimana kita berbicara tentang mencapai suatu tujuan.

“Alhamdulillah, 10 Agustus oleh Bung Karno (Presiden RI Pertama) ditetapkan sebagai Hari Veteran Nasional, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan Nasional, pejuang dan perintis kemerdekaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Brigjen TNI Pur. Drs. Ismadi Ketua DPP LVRI Jawa Timur menyampaikan, pada hari ini kita juga melaksanakan penyematan bintang LVRI kepada 9 anggota.

“Penyematan tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam memotivasi para generasi penerus bangsa agar memiliki jiwa pejuang 45,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, kisah perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan para pendahulu kita telah mengorbankan jiwa raga harta dan benda, untuk itu kita wajib mewarisi semangat perjuangan para pendahulu kita.

“Sosialisasi kepada generasi milenial terus kita lakukan, agar tertanam dalam benaknya yang paling dalam bagaimana kita mengisi kemerdekaan dengan ikut serta pembangunan bangsa,” jelasnya.

Diakhir acara, sekaligus menyambut HUT kemerdekaan RI ke 79, dibagikan bendera merah putih kepada para anggota LVRI kemudian menyanyikan secara bersama-sama lagu “Bagimu Negeri” yang membuat suasa menjadi khidmat. Dan sebelum kegiatan usai ditutup dengan pemotongan tumpeng. (adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami | Pedoman Media Ciber | Disclaimer