Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat ditemui di Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, memastikan Pilkada Maluku Utara, meski ada salah satu kontestan berhalangan. (KOMPAS.com/Febryan Kevin)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan Pilkada Maluku Utara tetap berjalan usai calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4 Benny Laos meninggal dunia.

“Ya sesuai dengan aturan, ada waktu tujuh hari bagi pasangan calon yang berhalangan tetap, misalnya wafat (untuk digantikan oleh partai pengusung),” ujar Tito Karnavian di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (13/10/2024).

Meski demikian, Tito tidak mengetahui siapa sosok pengganti Benny Laos dari partai politik pengusungnya.

Tito sekaligus meminta masyarakat di Maluku Utara tidak terbelah dengan adanya peristiwa kecelakaan speedboat yang ditumpangi Benny Laos.

“Saya tentunya berharap bahwa peristiwa ini tidak membuat masyarakat kemudian saling terbelah, apalagi melakukan aksi-aksi yang kekerasan ya, jadi ini adalah takdir dari Allah, show must go on,” tambah Tito.

Diberitakan sebelumnya, speedboat yang membawa rombongan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara, Benny Laos-Sabrin Sehe, terbakar, Sabtu (12/10/2024), di Pelabuhan Bobong, Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kepala Basarnas Ternate, Fatur Rahman mengatakan, insiden kebakaran itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIT.

Akibatnya, lima orang dilaporkan meninggal dunia dalam insiden tersebut.

“Satu orang perempuan, empat orang laki-laki,” kata Fatur, dikutip dari breaking news Kompas TV, Sabtu.

Lima orang korban yang teridentifikasi adalah Ester Tantri, Mudin A Wahid, Nasrun, Mahsudin Ode Muisi, Handani Buamona Bot. (kompas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami | Pedoman Media Ciber | Disclaimer